Kamis, 05 Januari 2012

LAPORAN PENELITIAN PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DI KAMPUS



1. Pendahuluan

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam perjalanannya telah menjadi center of excellence dalam bidang ilmu-ilmu keislaman serta dijuluki sebagai feeder bagi UIN lainnya. Dalam perkembangan terakhirnya, UIN Sunan Kalijaga memiliki tujuh Fakultas, yaitu fakultas Adab, Dakwah, Syari'ah, Tarbiyah, Ushuluddin, Sains dan Teknologi, dan Ilmu Sosial dan Humaniora. Oleh karena itu kami melakukan penelitian di lapangan guna untuk mengetahui fakultas manakah yang terislami diantara tujuh fakultas tersebut




2. Nilai-nilai Islami di Kampus

žKebersihan dan Keindahan
Kebersihan dan keindahan itu sangatlah penting atau perlu karena sesuatu yang indah dan bersih pasti enak dipandang serta susah untuk diabaikan, lagi pula itu juga terdapat dalam Hadits Nabi “Kebersihan itu sebagian dari iman” nah.. Secara tidak langsung sesuatu yang bersih itu pasti indah.



žDisiplin

Suatu fakultas atau Universitas untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tidaklah lepas dari kedisiplinan yang tinggi karena kedisiplinan itu sangatlah penting tanpa kedisiplinan semuanya akan berantakan serta tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.



žBerjiwa Sosial

Bagi seorang mahasiswa memiliki jiwa yang sosial itu suatu keharusan karena suatu fakultas / universitas merupaka salah satu wadah Perwujudan masyarakat madani.



žSopan Santun

memiliki sifat sopan santun sagatlah perlu karena selain baik untuk dirinya juga akan baik untuk sekelilingnya. Seperti, Fakultas, Jurusan, dll.


žKeamanan


dimanapun dan kapanpun jika semua keadaan aman pasti akan nikmat dirasakan, entah itu Negara, Daerah, Rumah, ataupun Universitas.



3. Metode Penelitian
untuk mendapatkan informasi yang kami butuhkan dalam melaksanakan riset ini, kami melakukan tinjauan langsung ke lokasi serta sharing dengan beberapa mahasiswa, selain itu juga dari beberapa pendapat rekan-rekan.



4. Model Fakultas Islami
setelah melaksanakan riset, kami dapat menyimpulkan bahwa fakultas yang memenuhi kriteria yaitu fakultas Sains dan Teknologi. Karena disamping mereka mempelajari ilmu pasti juga diimbangi dengan mempelajari ilmu Agama.



5. Penutup
di Unversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga memiliki 7 fakultas dan kesemuanya itu sama, tetapi dalam hal ini kami memilih fakultas Sains dan Teknologi karena beberapa pertimbangan. Selain itu kami meminta maaf kepada rekan-rekan semua dan bapak Dosen karena tidak sempurnanya makalah ini dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya riset/penelitian ini. Jika rekan-rekan ingin tahu lebih lanjut, silahkan kunjungi Blog kami : http://www.dearzabifasyama.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar